Charles Robert Darwin 1809-1882

Darwin adalah seorang ilmuwan Inggris yang meletakkan dasar-dasar teori evolusi.

teori evolusi darwin
Credit Photo : wikipedia
Charles Robert Darwin lahir pada 12 Februari 1809 di Shrewsbury, Shropshire dalam sebuah keluarga kaya dan terhubung dengan baik. Kakek dari pihak ibu adalah produsen china Josiah Wedgwood, sementara kakek dari pihak ayah nya Erasmus Darwin, salah satu intelektual terkemuka abad ke-18 Inggris.

Darwin sendiri awalnya direncanakan untuk mengikuti karir medis, dan belajar di Universitas Edinburgh, tapi kemudian beralih ke keilahian di Cambridge. Pada 1831, ia bergabung dengan sebuah ekspedisi ilmiah lima tahun di kapal HMS Beagle survei.

Pada saat ini, sebagian besar orang Eropa percaya bahwa dunia diciptakan oleh Allah dalam tujuh hari seperti yang dijelaskan dalam Alkitab. Di perjalanan, Darwin membaca Lyell 'Prinsip-prinsip Geologi' yang menyarankan bahwa fosil yang ditemukan di bebatuan sebenarnya bukti hewan yang telah hidup ribuan atau jutaan tahun yang lalu. Argumen Lyell diperkuat dalam pikiran Darwin sendiri dengan beragam kehidupan binatang dan fitur geologi yang ia lihat selama perjalanannya. Terobosan dalam ide-idenya datang di Kepulauan Galapagos, 500 km sebelah barat dari Amerika Selatan. Darwin melihat bahwa setiap pulau mendukung bentuk sendiri finch yang erat terkait tetapi berbeda dalam cara yang penting.

Setelah kembali ke Inggris pada tahun 1836, Darwin berusaha memecahkan teka-teki pengamatan ini dan teka-teki bagaimana spesies berevolusi. Dipengaruhi oleh ide-ide dari Malthus, ia mengusulkan teori evolusi yang terjadi dengan proses seleksi alam. Hewan-hewan (atau tanaman) paling cocok untuk lingkungan mereka lebih mungkin untuk bertahan hidup dan bereproduksi, menyampaikan karakteristik yang membantu mereka bertahan hidup untuk anak-anak mereka. Secara bertahap, spesies berubah dari waktu ke waktu.

Darwin mengerjakan teorinya selama 20 tahun. Setelah mengetahui bahwa naturalis lain, Alfred Russel Wallace, telah mengembangkan ide yang sama, keduanya membuat pengumuman bersama dari penemuan mereka pada tahun 1858. Pada tahun 1859 Darwin menerbitkan 'On the Origin of Species by Means of Natural Selection'.

Buku itu sangat kontroversial, karena perpanjangan logis dari teori Darwin adalah bahwa homo sapiens hanyalah bentuk lain dari hewan. Itu membuatnya tampak mungkin bahwa bahkan orang-orang mungkin saja telah berevolusi - sangat mungkin dari kera - dan menghancurkan ortodoksi yang berlaku tentang bagaimana dunia diciptakan. Darwin keras diserang, khususnya oleh Gereja. Namun, ide-idenya segera mendapatkan mata uang dan telah menjadi ortodoksi baru.

Darwin meninggal pada tanggal 19 April 1882 dan dimakamkan di Westminster Abbey.

Sumber : http://www.bbc.co.uk/history/historic_figures/darwin_charles.shtml

Pilihan Tokoh Ilmuwan menarik berikut  :

wright bersaudara, Archimedes, Aristoteles, Albert Einstein, Thomas Alfa Edison, Samuel F.B. Morse,Robert Boyle,Nicolaus Copernicus, Karl Landsteiner, James Watt,Isaac Newton, Guglielmo Marconi, Galileo Galilei, Charles R. Darwin, Rudolf Diesel, Michael Faraday, Nikola Tesla, Anthony Van Leeuwenhoek, Alexander Graham Bell

Postingan populer dari blog ini

Daftar Harga Spiral Kawat dan Spiral Plastik

JNE Trucking JTR - Layanan Kiriman JNE bertarif Murah

3 Jenis Model Jilid Buku Paling Populer

Cara Merawat dan Membersihkan Whiteboard agar tetap bersih

4 Alat ini wajib dimiliki kalau mau sukses buka fotocopy