Persiapan Penggunaan Mesin Laminating

Anda sudah membeli mesin laminating ? Inilah persiapan yang benar sebelum memulai proses laminating yang benar.

Harga mesin laminating makin murah serta makin banyak toko menjual mesin laminating. Bagi pengguna tingkat mahir tidak akan menemui kendala yang berarti dalam proses laminating yang benar, akan tetapi bagi pengguna tingkat pemula biasanya ditemukan kegamangan sehingga menghasilkan produk akhir yang kurang mantap bahkan lebih parang lagi menimbulkan kerusakan dokumen. (baca juga : mesin laminating origin )

Contoh Cara Penggunaan Mesin Laminating :
Barang yang dibuat demo adalah merk Origin tipe OR-330



Pernah suatu kali Surat Keputusan Pengangkatan Pegawai rusak gara gara gagal melaminating dokumen secara kurang hati hati dalam persiapan. Untungnya masih bisa terselamatkan walaupun tidak bisa kembali secara utuh sempurna.

Diatas tadi baru salah satu contoh, bisa disebutkan contoh yang paling ditemui adalah kasus plastik laminating yang terbakar dan menempel pada roll mesin hingga mengeluarkan asap mengepul serta bau kebakaran yang menyengat. Dalam kondisi ruang ber-AC, bau menyengan kebakaran mesin laminating membuat gugup karena pada awalnya tidak paham dari mana asal sumber bau tersebut.

Berikut persiapan yang perlu dilakukan sebelum memulai kerja laminating. 

  • Persiapkan sumber daya listrik yang sesuai. Termasuk didalamnya tidak dianjurkan untuk menggunakan kabel roll / kabel extension secara bersama sama dengan penggunaan perangkat listrik lain. Perlu diketahui, daya awal mesin laminating rata-rata sekitar 600 watt dan akan menurun setelah proses pemanasan stabil.
  • Pahami fungsi panel yang tersedia. Secara umum ada tombol ON/OFF, Tombol Maju/Mundur, tombol pengatur fungsi panas/dingin, pengatur suhu baik yang dilengkapi dengan termostat meter ataupun tanpa jarum termostat meter. 
  • Pastikan unit mesin dalam keadaan bersih dan kering. Kotoran yang masuk kedalam unit mesin dapat terbakar karena panasnya suhu. Bila ada air juga berpotensi terjadi arus pendek.
  • Sediakan plastik laminating yang sesuai dengan ukuran dokumen, tidak dianjurkan untuk menggunakan plastik laminating berupa bekas potongan. Dipasaran sudah banyak dijual plastik laminating berbagai ukuran, dari ukuran A4, ukuran Folio, Ukuran A3 dan ukuran KTP.

Langkah Penggunaan Mesin Laminating yang benar

Setelah persiapan selesai, marilah kita mulai menggunakan mesin secara benar.
  1. Pemanasan Mesin, Pemanasan mesin berlangsung sekitar kurang lebih 5 menit. Setting temperatur pada suhu agak tinggi diangka 160 derajat. Tunggu sampai lampu indikator menyala warna hijau. 
  2. Setelah Indikator hijau menyala, turunkan pengaturan suhu diangka 140 derajat. Pada langkah ini lampu indikator akan mati dengan sendirinya karena suhu mesin sebenarnya masih diatas 140 derajat dan mesin secara otomatis menjadi stop. Lampu akan menyala kembali setelah suhu pas diangka 140 (angka sekedar gambaran) 
  3. Periksa tingkat panas, jalanya roll dengan uji coba kertas kosong yang masih lurus / jangan yang lecek. Pastikan kertas pengetesan dapat berjalan dengan baik dan keluar sempurna tanpa hambatan. setelah yakin mulus, masuk pada tahap kerja
  4. Masukan dokumen ditengah tengah plastik laminating, pastikan bagian depan adalah sisi yang tertutup dan bagian belakang adalah bagian yang terbuka. Biarkan roller menarik sesuai dengan kecepatan mesin, tidak boleh ditarik paksa. 
  5. Lihat hasilnya, bila plastik sudah tampak bening merata artinya pekerjaan Anda TOP, namun bila masih ada yang bintik, tidak menempel artinya mesin kurang panas. Sebaliknya bila plastik menjadi melar (memuai) sperti tertarik maka suhu masih terlalu panas.
  6. Masukan dokumen selanjutnya sampai dokumen pertama benar benar sudah keluar. 
  7. Matikan secara penuh atau Stanby. Bila tidak akan digunakan lagi maka mematikan mesin secara penuh dapat dimulai dengan memutar suhu ke-arah rendah (0) tekan tombol OFF biarkan beberapa saat baru kemudian cabut sumber daya listrik. Bila akan digunakan lagi pada hari yang sama seperti pada fotocopy center dapat di biarkan dapam mode standbya.. roll boleh berputar terus dalam suhu terendah.  
Demikian artikel singkat bagaimana membuat persiapan penggunaan mesin laminating yang benar agar mendapatkan hasil terbaik. Bagi Anda yang memerlukan Mesin Laminating Harga Murah silahkan kontak kami kapan saja.

Semoga bermanfaat.