Cara Merawat dan Membersihkan Whiteboard agar tetap bersih

Tips memiliki papan tulis awet dan tetap bersih dalam waktu lama

Penggunaan Papan White Board secara terus menerus tanpa adanya perawatan semakin lama semakin banyak bekas bekas tinta spidol yang tersisa dan meninggalkan bekas bercak bercak spot yang tidak mudah dihapus.


Langkah Pencegahan mendapatkan Whiteboard dengan kualitas terbaik :

#1. Pilih Papan Tulis dengan Bahan Whiteboard berkualitas

 
membersihkan whiteboard

Sebagaiman Anda tahu, di pasaran ada papan tulis magnetic dan non magnetic. Mau klaim bagaimanapun papan tulis non magnetic tidak akan setara dengan papan tulis magnetic. Lebih celakanya papan tulis non magnetik dijual dengan harga sama mahalnya.
 
Pada saat awal berencana membeli whiteboard, sebaiknya pilih bahan dasar whiteboard yang benar benar halus, tidak berpori pori. Bahan whiteboard yang berpori dan masih dapat menyerap air sangat cepat menurun kualitasnya. Pilih Permukaan Whiteboard berbahan High Presure Laminate (dilaminasi dengan tekanan tinggi). HPL formica menjadi pilihan utama karena harga yang tidak terlalu mahal dengan kualitas bagus.

Merk Sakana dan MAGNETEC menggunakan bahan ini

Jika memungkinkan, cari whiteboard dengan bahan permukaan porcelain. bahan ini sudah sangat baik dari segi kualitas penulisan dan penghapusan namun sering menjadi mudah pecah dalam penyimpanan, pemrosesan dan pengiriman. Harga masih mahal dan hanya sedikit ditemukan.

Jangan pilih bahan whiteboard dari bahan triplex putih karena bahan ini sebenarnya diperuntukan untuk pembuatan furniture dan mebel dan secara teknis tidak dipersiapkan untuk menerima cariran kimia secara terus menerus. Tidak lam setelah penggunaan, residu / bekas bekas tinta akan mengendap dan sulit dibersihkan. Tinta sudah meresap ke dalam kulit permukaan.

Bahan yang baik masih bisa dibersihkan tanpa harus menggosok permukaan papan dan tidak merusak.

#2. Spidol Whiteboard dan penghapus White board

Tidak semua spidol whiteboard itu sama saja. Utamakan whiteboard berbahan dasar utama air dan bebas Racun. Begitupun untuk memilih tinta refill, pilih hemat atau pilih sehat dalam waktu yang lama. Ingat, Bapak dan Ibu Guru bisa dari 3 jam perhari menghirup bau spidol yang tanpa disadari juga menghirup bahan kimia.
Setelah menulis, gunakan penghapus yang halus sehingga akan cepat bersih secara merata dan tidak menimbulkan goresan berlebihan.

#3. Segera hapus tulisan yang tidak diperlukan lagi

Dalam kondisi materi / tulisan sudah tidak digunakan sebaiknya secepatnya dihapus saja. Tulisan yang lama tidak dihapus cenderung lebih mudah meninggalkan bekas, proses demikian yang terus menerus akan mengurangi kecerahan whiteboard. Jadi mulai sekarang setiap akan ganti mata pelajaran, mau liburan usahakan whiteboard sudah dibersihkan dan sudah siap untuk penggunaan selanjutnya. Jangan senang meninggalkan kerjaan untuk pemateri beriktunya, right !

Langkah Pembersihan White Board

Anda pasti tidak suka whitboard kotor penuh bercak. Coba siapkan lap / serveite bersih dan siapkan air.
Basahi Lap dengan air kemudian gosok secara merata, biarkan sementara whiteboard tampak basah untuk memberi kesempatan senyawa kima tinta berbahan dasar air menjadi lebih encer dan terikat dengan air bersih. Lima menit kemudian, lap dengan kain kering. ulangi dan lihat hasilnya.

Untuk mempercepat hasil, bisa gunakan whiteboard Cleaner, cairan khusus untuk membersihkan papan whiteboard. Kemasan berbentuk botol, berwarna bening dilengkapi sprayer.
Whiteboard Cleaner bisa dipesan di Tokojadi
Mudah mudahan berhasil.
Mau ganti whiteboard, cek daftar harga whiteboard terbaru di halaman daftar harga whiteboard.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat dan Membersihkan Whiteboard agar tetap bersih"