Cara membatalkan pesanan di tokopedia

Saya ingin membatalkan pesanan saya. Bagaimana cara membatalkan order ? apakah order bisa di batalkan ? Demikianlah kurang lebih pertanyaan setara yang intinya ingin membatalkan pesanan.

Yang akan kita bahas adalah khusus terkait dengan cara pembatalan order pembelian secara online di Tokopedia.  Secara prinsip, tokopedia sudah mengatur tata cara prosedur pembatalan order pembelian dengan mudah asal Anda teliti mempelajari menu menu yang tersedia.

Syarat order bisa dibatalkan :
  1. Order belum masuk proses terima order oleh penjual
  2. Order belum dikirimkan
  3. Ada pemberitahuan dan kesepakatan antara kedua belah pihak pembeli dan penjual.
Langkah Pertama : Pembeli Pengajuan Pembatalan

Carilah menu status pembelian, klik pada order yang ingin dibatalkan. Untuk orderyang belum diproses oleh penjual, akan terlihat tombol "Ajukan Pembatalan" klik tombol tersebut.
Pada tahap ini, walaupun Anda sudah mengajukan pembatalan, penjual tidak mendapatkan notifikasi secara otomatis.

Oleh karenanya, lanjutkan dengan "chat penjual" informasikan bahwa order dengan nomor mana yang ingin di batalkan. Bila penjual telah menerima pesan Anda, maka pembatalan bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya.



 Langkah Kedua : Penjual menyetujui Pengajuan pembatalan

Perlu diketahui, apabila penjual membatalkan secara sepihak tanpa ada permintaan pembeli, penjual akan mendapatkan point negatif yang mengurangi reputasi penjual.

Dalam kondisi tertentu, penjual dapat melakukan pembatalan atau pemenuhan sebagian pesanan namun sudah pasti akan berdampak negatif. Score penjual menjadi turun.

Satu satunya pembatalan yang tidak mengurangi score adalah pembatlan dengan alasan "atas permintaan pembeli"



Tanpa adanya permintaan pembeli, alasan tersebut tidak dapat digunakan sebagai alasan pembatalan.

Apa alasan pembeli membatalkan pesanan ?

kami sebagai penjual tidak mempermasalahkan apapun alasannya membatlkan pesanan, sepanjang pesanan terhadap barang dan stok reguler. Namun kami akan menolak pembatlan dengan alasan apapun terhadap permintaan barang khusus yang diperlukan pengadaanya dan ataupun jumlah khusus.

Contoh :

stok item A tersedia 100 unit, pembeli menginginkan jumlah 20.000 unit dan melakukan pre-order melalui tokopedia. order seperti ini tidak bisa di dibatalkan. (catatan kasus: pembeli tipe ini menawar dengan rendah dengan memesan qty besar, dalam prakteknya hanya mau mengambil sebagian saja)

Pembeli memesan ukuran papan tulis diluar ukuran standard, sehingga ukuran ini tidak bisa dijual ke pembeli lainnya. Order seperti ini juga tidak bisa dibatalkan. (catatan kasus: pembeli mendapatkan tender atas barang, melakukan pemesanan jauh hari untuk mengantisipasi pemenuhan waktu penyerahan. Karena satu dan lain hal, ada perubahan spesifikasi yang diminta end user)

Semoga bermafaat.

Kunjungi tokojadi di tokopedia klik disini

Anda memerlukan penawaran Harga ATK ? kami siapkan dalam waktu 1 x 24 jam dari daftar kebutuhan kami terima. harap melengkapi identitas dan kontak yang jelas.